BEBERAPA PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN ORANG DEWASA
Jenis-Jenis Pendekatan
1. Pendekatan perumusan masalah
2. Pendekatan proyektif
3. Pendekatan appersepsi-interaksi
4. Pendekatan perwujudan diri – sendiri
a. Proses yang terpusat pada pebelajar
b. Belajar sesama teman dalam kelompok
c. Membantu timbulnya konsep diri yang positif
d. Daya khayal yang berdaya cipta
Model Kurikulum dan Penerapan Teori Belajar
1. Model Kurikulum
a. Model informasi
b. Model pemecahan masalah
c. Model proyektif
d. Model ekspresi/perwujudan diri
2. Penerapan teori belajar pada Situasi Belajar
a. Pendekatan yang terpusat pada masalah
b. Pendekatan perwujudan diri
KEYAKINAN-KEYAKINAN TENTANG PROSES BELAJAR DAN PEBELAJAR
Keyakinan Proses Belajar Orang Dewasa
1. Tujuan-tujuan instruksionalnya
yang berhubungan dengan pengalaman atau kegiatan belajar yang khusus
2. Proses belajarnya
Keyakinan-keyakinan Tentang Pebelajar Orang Dewasa
1. Hubungan manusia dengan masyarakat
2. Hubungan manusia dengan alam
3. Orientasi manusia dengan alam
PERSPEKTIF TEORITIS BELAJAR ORANG DEWASA
Carl Roger
1. Manusia memiliki potensi alamiah untuk pebelajar
2. Kegiata belajar terjadi bila pebelajar tidak merasa takut
3. Kebanyakan pelajaran penting diperoleh dengan cara melakukan
4. Belajar yang diprakarsai diri sendiri
5. Rasa bebas, sifat kreatif, dan percaya diri
Paulo Freire
1. Pembelajar mengetahui segala sesuatu sedangkan pebelajar tidak tahu apa-apa
2. Pembelajar berpikir kemudian pebelajar memikirkan apa yang dipikirkan pleh pebelajar
3. Pembelajar mendisiplinkan sedangkan pebelajar didisiplinkan
4. Pembelajar memilih dan memaksakan pilihannya, sedangkan pebelajar tunduk patuh
5. Pembelajar bertindak, pebelajar menghayalkan tindakan yang dilakukan oleh pembelajar
Robert M. Gagne
Ia mengajukan 8 tipe belajar yaitu:
1. Belajar berisyarat
2. Belajar stimulus-respon
3. Rangkaian motorik
4. Rangkaian verbal
5. Diskriminasi berganda
6. Belajar konsep
7. Belajar aturan
8. Pemecahan masalah
Jack Mezirow
1. Dilema yang tidak diorientasikan
2. Ujian swakelola
3. Merencanakan rangkaian tindakan
4. Mengeksperimentasikan peranan baru
5. Reintegrasi ke dalam masyarakat
Selanjutnya, ia menyatakan adanya perbedaan tingkatan refleksi, dan ada tujuh tahap yang terjadi dalam masa kedewasaan :
1. Refleksivitas
2. Refleksivitas afektif
3. Refleksivitas diskriminasi
4. Refleksivitas pertimbangan
5. Refleksivitas konseptual
6. Refleksivitas psikis
7. Refleksivitas teoritis
Malcolm Knowles
Prinsip-prinsip pembelajaran, yaitu :
1. Pebelajar merasakan kebutuhan belajar
2. Lingkungan belajar nyaman
3. Pebelajar berpartisipasi secara aktif dalam prose belajar
4. Proses belajar berhubungan dengan dan memanfaatkan pengalaman pebelajar
5. Pebelajar memiliki hasrat maju ke arah tujuan
POD DALAM TINJAUAN FILSAFAT
Filsafat-filsafat Umum : Suatu Tinjauan Sekilas
1. Idealisme
Bagi kaum idealis, bahwa kenyataan adalah merupakan khasanah pikiran, dan tidak memperdulikan keadaan fisik, tidak mempertimbangkan materi sebagai kenyataan.
2. Realisme (Materialisme dan Naturalisme)
Ilmu pengetahuan yang realis meneriman istilah-istilah/dalil-dalil yang berhubungan dengan manusia, seperti berikut :
a. Monisme
b. Operasionisme
c. Mekanisme
d. Determinisme
e. Experimentalisme
Sebuah Ikhtisar Dari Filsafat POD
1. Essensialisme
2. Perenialisme
3. Progressivisme
4. Rekonstruksionisme
5. Eksistensialisme
George Kneller berpendapat bahwa filsafat eksistensialisme mengesampingkan 3 gagasan konvensional :
1. Pendidikan adalah usaha yang utama dari masyarakat untuk melanjutkan pewarisan budaya
2. Pendidikan adalah suatu alat untuk menyalurkan kebenaran abadi
3. Pendidikan adalah suatu alat atau cara untuk menyesuaikan generasi muda kepada kehidupan di dalam komunitas yang demokratik
Referensi : Pendidikan Orang Dewasa (Dr. Yusnadi, M.S)
2 komentar:
halo
terima kasih infonya. Salam!
Posting Komentar