Pages

2.08.2010

"Prinsip, perspektif teoritis dan pendekatan POD"; resume II

PRINSIP POD

Unsur hukum belajar, yaitu :

1. Keinginan belajar

2. Pengertian terhadap tugas

3. Hukum asosiasi

4. Minat, keuletan, dan intensitas

5. Ketetapan hati

6. Pengetahuan tentang keberhasilan dan kegagalan

Penetapan tujuan

1. Tujuan umum

2. Maksud pendidikan

3. Tujuan khusus

4. Memilih materi pelajaran

Mengembangkan Sikap, Idealisme, dan Minat

1. Sikap

Rencana pengembangan sikap dikerjakan melalui :

a. Seleksi materi

b. Metode mengajar yang digunakan

c. Aktivitas yang harus dilaksanakan oleh peserta

d. Perlengkapan dan alat yang tersedia

2. Idealisme

Contoh idealisme yaitu berpikir, berbicara, menulis, mendengar, kesehatan, kebersihan, kerapian, kekuatan fisik, keindahan, pekerjaan, pengrajin, pekerjaan lain, sifat, moral, dan kehidupan agama.

3. Minat

Cara mengembangkan minat, yaitu:

a. Pembimbing menunjukkan antusias yang tulus

b. Pengetahuan dibiarkan berkembang selama kursus.

c. Rasa tertarik yang tinggi disetiap pertemuan kelompok.

d. Pendidik membantu peserta didik untuk mengukur kemajuan mereka sendiri.

e. Suasana belajar akrab, gembira, senang, sopan, dan demokratis.

Mengajar Pengetahuan

a. Kembangkan rasa tertarik yang kuat dan bertahan lama

b. Dapatkan pengertian sejelas mungkin dari setiap bagian subyek tersebut.

c. Tempatkan proses belajar sejalan dengan pola pikir peserta

d. Berikan problema / pertanyaan yang berhubungan dengan hal-hal yang dapat diterapkan.

e. Berikan ilustrasi visual / gambar tentang apa yang diajarkan.

Mengembangkan Kemampuan

1. Mengembangkan kemampuan menilai / mempertimbangkan

2. Mengembangkan kemampuan manipulatif / psikomotor

3. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah (Pidarta)

Mendiskusikan Isu Kontroversial

1. Mendorong orang untuk memutuskan isu krusial melalui proses diskusi terbuka

2. Membuat kriteria untuk memilih isu kontroversial.

3. Mendiskusikan isu kontroversial tersebut.

Cara Membentuk Kebiasaan

1. Temukan konsep kebiasaan baru yang ingin dikembangkan sejelas mungkin

2. Mulailah kebiasaan baru dengan kemauan yang kuat

3. Jangan biarkan pengecualian terjadi

4. Latihlah kebiasaan baru itu pada setiap kesempatan

5. Latihan dengan selang waktu yang agak lama lebih baik

6. Latihan hendaknya dilakukan sesempurna mungkin

7. Situasi dan kondisi hendaknya menyenangkan

8. Pembentukan kebiasaan baru sebagai hasil dari dorongan dirinya sendiri

PROSES BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA

Tahap Proses Belajar

1. Motivasi

2. Perhatian pada pelajaran

3. Menerima dan mengingat

4. Reproduksi

5. Generalisasi

6. Menerapkan apa yang telah diajarkan serta umpan balik

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar

Faktor yang mempengaruhi belajar adalah faktor internal (dalam diri peserta) dan eksternal (dari luar / lingkungan).

Ciri-ciri belajar orang dewasa

1. Motivasi belajar berasal dari dirinya sendiri

2. Orang dewasa belajar jika bermanfaat bagi dirinya

3. Belajar adalah hasil kerja sama antara manusia

4. Belajar bagi orang dewasa bersifat unik.

5. Belajar adalah proses evolusi

Suasana belajar yang kondusif

1. Saat suasana saling menghormati dan saling menghargai

2. Suasana saling percaya dan terbuka

3. Suasana penemuan diri

4. Suasana tidak mengancam

5. Suasana mengakui kekhasan pribadi

Fungsi pendidik

1. Penyebar pengetahuan

2. Pelatih ketrampilan

3. Pelancar proses belajar

4. Penjelas tujuan belajar

5. Tutor simulasi

Sikap pendidik

1. Tenggang rasa (empati)

2. Mengakui kehadiran dan menghargai peserta didik

3. Membangkitkan keinginan belajar

4. Mampu mengorganisasikan kelompok belajar

5. Menerima keterbatasan diri

Faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan fungsi pendidik

1. Karakteristik program pendidikan

2. Karakteristik peserta didik

3. Karakteristik peserta didik

Referensi : Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi (Dr. Ir. H. Suprijanto)

0 komentar: