Pages

2.26.2010

Tahap ujian Nisbet, tugas individu 2

Menurut Nisbet, pembaruan pendidikan bisa melewati 4 tahap ujian; coba kamu pahami keempat prinsip tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimatmu sendiri, kemudian beri contoh konkret yang menggambarkan proses pendidikan yang terjadi pada dirimu sendiri.

Jawaban:
Sistem pendidikan itu selalu berubah-ubah untuk mendapatkan hasil yang baik, sehingga perlu adanya pembaruan di dalam pendidikan tersebut baik dari struktur kurikulumnya, sistem pendidikannya dan metode pengajarannya. Supaya sistem pembaruan tersebut dapat diterima di dalam pendidikan maka sistem tersebut harus melewati empat tahapan ujian (Nisbet), yaitu:
1. The incres in workload (pertambahan beban kerja)
Sistem pembaruan tersebut harus sudah dipikirkan jauh sebelumnya sehingga ketika konsep yang lama tidak berlaku, dengan segera dapat menggantinya.
Contoh: saya dulu belajar menggunakan konsep hafalan. Ketika prosess belajar, saya mendapat materi tentang cara belajar, saya mencoba untuk mengaplikasikannya. Sehingga, ketika ujian saya mendapat nilai yang kurang bagus dengan metode hafalan, saya dapat dengan segera menggantinya dengan cara belajar yang lain, seperti mind map.
2. Loss of confidence (kehilangan kepercayaan)
Adanya persiapan skill / keahlian di dalam menerima ataupun mengembangkan ide-ide baru, sehingga kita tidak berdiam diri saja dengan pembaruan tersebut.
Contoh: saya tidak hanya bertahan dengan konsep cara belajar saya yang baru tersebut tetapi saya dapat menerima ide-ide yang lain maupun mengembangkan ide tersebut seperti metode mind map tersebut dalam membuatnya menggunakan berbagai warna tidak hanya satu.
3. The period of confusion (masa kacau)
Ketika sistem pembaruan tersebut belum jelas arah dan tujuannya maka kemungkinan gangguan atau kekacauan akan terjadi. Tetapi gangguan ini masih bisa diatasi.
Contoh: konsep belajar saya dengan metode mind map belum digunakan, maka kemungkinan timbulnya gangguan itu ada seperti bagaimana cara membuatnya tetapi masalah ini dapat diatasi misalnya dengan membaca buku mind map atau mencari di internet.
4. The blacklash
Ketika ada masalah yang timbul, maka sebaiknya mencari solusi tersebut berdasarkan upaya-upaya pembaruan.
Contoh: apabila saya mengalami masalah dengan konsep belajar saya yang baru ini maka solusinya haruslah diupayakan berdasarkan konsep yang baru tidak dengan konsep yang lama.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hai