Pages

2.23.2010

"Alat Bantu Audiovisual POD"; resume 3"

Alat bantu audiovisual adalah bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide. Beberapa alat bantu audiovisual yang sering digunakan yaitu :
1. Papan tulis dan papan buletin
2. Chart, grafik, diagram dan peta
3. Drama, wayang kulit
4. Pameran
5. Papan flanel dan papan tempel
6. Gambar, foto, dan bahan cetakan
7. Radio, televisi dan video tape
8. Tape recorder
Adalah alat perekam yang dapat berisi diskusi, seminar, konvensi, konferensi dan lokakarya.
9. Poster, kartun dan kliping
10. Film, slide, filmstrip
Adalah alat bantu yang memiliki kesamaan dalam hal menggunakan transparansi (film) yang diproyeksikan pada sebuah layar agar dapat dilihat.
11. Overhead Projector
12. LCD Projection Panel
13. Pameran
Adalah sarana yang baik untuk menarik perhatian orang banyak dan menumbuhkan minat terhadap praktik yang dianjurkan.
14. Benda
Setiap alat bantu audiovisual ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga kita harus pandai memilih alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan.
Alat bantu audiovisual ini sangat berguna apalagi bila digunakan untuk materi atau konsep yang tidak dapat disampaikan dengan jelas jika tanpa alat bantu audiovisual ini. Misalnya, untuk menjelaskan konsep tentang air terjun Niagara, maka akan lebih mudah dipahami jika seseorang melihat air terjun Niagara tersebut seperti apa. Untuk melihatnya maka dapat digunakan alat bantu audiovisual ini.
Ketika menggunakan alat bantu audiovisual ini juga dapat terjadi kesalahan persepsi, seperti :
1. ABAV bukan suatu bentuk pendidikan tersendiri tetapi sebagai sarana pelengkap.
2. ABAV bukan hanya berupa gambar hidup.
3. Tujuan untama ABAV bukan sebagai hiburan tetapi agar proses belajar lebih menarik dan menyenangkan.
4. ABAV bukan meruapakan sesuatu yang baru.
5. ABAV bukan obat yang ampuh untuk mengatasi semua hambatan dalam belajar.
Sedangkan, manfaat dari ABAV ini antara lain :
1. Mendorong minat
2. Menghemat waktu
3. Melengkapi sumber belajar yang lain
4. Menambah variasi metode mengajar
5. Meningkatkan pengertian yang lebih baik
Dalam menggunakan ABAV ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ada juga cara-cara bagaimana ABAV ini digunakan seperti terarah, menyajikan pada waktu yang tepat, harus mengetahui cara menggunakannya, alat bantu untuk mengajarkan sesuatu, dapat mendorong partisipasi belajar, merencanakan penggunaan alat bantu, menggunakan beberapa alat bantu dan menyimpan alat bantu dengan baik.

Referensi :
Suprijanto, H. 2008. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi. PT. Bumi Aksara: Jakarta.