Pages

2.08.2010

"Keyakinan tentang proses belajar mengajar POD"; resume II

BEBERAPA PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN ORANG DEWASA


Jenis-Jenis Pendekatan

1. Pendekatan perumusan masalah

2. Pendekatan proyektif

3. Pendekatan appersepsi-interaksi

4. Pendekatan perwujudan diri – sendiri

a. Proses yang terpusat pada pebelajar

b. Belajar sesama teman dalam kelompok

c. Membantu timbulnya konsep diri yang positif

d. Daya khayal yang berdaya cipta


Model Kurikulum dan Penerapan Teori Belajar

1. Model Kurikulum

a. Model informasi

b. Model pemecahan masalah

c. Model proyektif

d. Model ekspresi/perwujudan diri

2. Penerapan teori belajar pada Situasi Belajar

a. Pendekatan yang terpusat pada masalah

b. Pendekatan perwujudan diri


KEYAKINAN-KEYAKINAN TENTANG PROSES BELAJAR DAN PEBELAJAR

Keyakinan Proses Belajar Orang Dewasa

1. Tujuan-tujuan instruksionalnya

yang berhubungan dengan pengalaman atau kegiatan belajar yang khusus

2. Proses belajarnya


Keyakinan-keyakinan Tentang Pebelajar Orang Dewasa

1. Hubungan manusia dengan masyarakat

2. Hubungan manusia dengan alam

3. Orientasi manusia dengan alam


PERSPEKTIF TEORITIS BELAJAR ORANG DEWASA

Carl Roger

1. Manusia memiliki potensi alamiah untuk pebelajar

2. Kegiata belajar terjadi bila pebelajar tidak merasa takut

3. Kebanyakan pelajaran penting diperoleh dengan cara melakukan

4. Belajar yang diprakarsai diri sendiri

5. Rasa bebas, sifat kreatif, dan percaya diri


Paulo Freire

1. Pembelajar mengetahui segala sesuatu sedangkan pebelajar tidak tahu apa-apa

2. Pembelajar berpikir kemudian pebelajar memikirkan apa yang dipikirkan pleh pebelajar

3. Pembelajar mendisiplinkan sedangkan pebelajar didisiplinkan

4. Pembelajar memilih dan memaksakan pilihannya, sedangkan pebelajar tunduk patuh

5. Pembelajar bertindak, pebelajar menghayalkan tindakan yang dilakukan oleh pembelajar


Robert M. Gagne

Ia mengajukan 8 tipe belajar yaitu:

1. Belajar berisyarat

2. Belajar stimulus-respon

3. Rangkaian motorik

4. Rangkaian verbal

5. Diskriminasi berganda

6. Belajar konsep

7. Belajar aturan

8. Pemecahan masalah


Jack Mezirow

1. Dilema yang tidak diorientasikan

2. Ujian swakelola

3. Merencanakan rangkaian tindakan

4. Mengeksperimentasikan peranan baru

5. Reintegrasi ke dalam masyarakat

Selanjutnya, ia menyatakan adanya perbedaan tingkatan refleksi, dan ada tujuh tahap yang terjadi dalam masa kedewasaan :

1. Refleksivitas

2. Refleksivitas afektif

3. Refleksivitas diskriminasi

4. Refleksivitas pertimbangan

5. Refleksivitas konseptual

6. Refleksivitas psikis

7. Refleksivitas teoritis


Malcolm Knowles

Prinsip-prinsip pembelajaran, yaitu :

1. Pebelajar merasakan kebutuhan belajar

2. Lingkungan belajar nyaman

3. Pebelajar berpartisipasi secara aktif dalam prose belajar

4. Proses belajar berhubungan dengan dan memanfaatkan pengalaman pebelajar

5. Pebelajar memiliki hasrat maju ke arah tujuan


POD DALAM TINJAUAN FILSAFAT

Filsafat-filsafat Umum : Suatu Tinjauan Sekilas

1. Idealisme

Bagi kaum idealis, bahwa kenyataan adalah merupakan khasanah pikiran, dan tidak memperdulikan keadaan fisik, tidak mempertimbangkan materi sebagai kenyataan.

2. Realisme (Materialisme dan Naturalisme)

Ilmu pengetahuan yang realis meneriman istilah-istilah/dalil-dalil yang berhubungan dengan manusia, seperti berikut :

a. Monisme

b. Operasionisme

c. Mekanisme

d. Determinisme

e. Experimentalisme


Sebuah Ikhtisar Dari Filsafat POD

1. Essensialisme

2. Perenialisme

3. Progressivisme

4. Rekonstruksionisme

5. Eksistensialisme

George Kneller berpendapat bahwa filsafat eksistensialisme mengesampingkan 3 gagasan konvensional :

1. Pendidikan adalah usaha yang utama dari masyarakat untuk melanjutkan pewarisan budaya

2. Pendidikan adalah suatu alat untuk menyalurkan kebenaran abadi

3. Pendidikan adalah suatu alat atau cara untuk menyesuaikan generasi muda kepada kehidupan di dalam komunitas yang demokratik


Referensi : Pendidikan Orang Dewasa (Dr. Yusnadi, M.S)

2 komentar:

08.092lfp@gmail.com mengatakan...

halo

dedekusn mengatakan...

terima kasih infonya. Salam!