Teori Kognitivistik
A. Vygotsky
· Lahir pada tahun 1896 di Tsarist Russia dan meninggal pada tahun 1934
· Memasuki usia 18 tahun, dia menulis suatu ulasan tentang Shakespeare’s Hamlet yang kemudian dimasukkan dalam satu dari berbagai tulisannya mengenai psikologi.
· Dia masuk sekolah kedokteran di Universitas Moscow kemudian pindak ke sekolah hukum.
· Tertarik pada psikologi ketika berusia 28 tahun.
B. Asumsi
· Keahlian kognitif anak dapat dipahami apabila dianalisis dan diinterpretasikan secara developmental. Developmental berarti memahami fungsi kognitif anak dengan memeriksa asal usulnya dan transformasinya dari bentuk awal ke bentuk selanjutnya.
· Kemampuan kognitif dimediasi dengan kata, bahasa yang berfungsi sebagai alat psikologis untuk membantu dan mentransformasi aktivitas mental
· Kemampuan kognitif berasal dari hubungan sosial dan dipengaruhi oleh latar belakang sosiokultural.
C. Zone Proximal Development
· Merupakan serangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai anak secara sendirian tetapi dapat dipelajari dengan bantuan dari orang dewasa atau orang yang lebih mampu.
· Bantuan atau support dimaksud agar si anak mampu untuk mengerjakan tugas-tugas atau soal-soal yang lebih tinggi tingkat kerumitannya dari pada tingkat perkembangan kognitif si anak.
D. Scaffolding
· Merupakan teknik untuk mengubah level bantuan untuk belajar seseorang. Seorang guru atau sesama murid yang lebih pandai atau mampu menyesuaikan jumlah bimbingan sesuai dengan kinerja murid.
· Scaffolding juga berarti berarti bahwa memberikan sejumlah besar dukungan kepada anak selama tahap-tahap awal pembelajaran dan kemudian mengurangi bantuan dan memberikan kesempatan kepada anak itu untuk mengambil tanggung jawab yang semakin besar segera setelah ia mampu melakukannya sendiri. (Nur, 1998:32)
PERBANDINGAN TEORI PIAGET DAN VYGOTSKY
TOPIK | PIAGET | VYGOTSKY |
Konteks Sosiokultural | Sedikit penekanan | Kuat penekanan |
Konstruktivisme | Konstruktivis kognitif | Konstruktivis sosial |
Tahapan | Penekanan kuat pada tahapan | Tidak ada pandangan tentang tahapan umum perkembangan |
Proses Utama | Skema, asimilasi, akomodasi, ekuilibrasi, inteligensi, interiorisasi | ZPD |
Peran Bahasa | Minimal; kognisi terutama mengatur bahasa | Bahasa memainkan peranan kuat dalam membentuk pemikiran |
Pandangan tentang Pendidikan | Pendidikan hanya memperbaiki keahlian kognitif anak yang sudah muncul | Pendidikan memainkan peran sentral, membantu anak mempelajari alat-alat kultur |
Implikasi Pengajaran | Guru adalah fasilitator dan pembimbing, bukan pengatur; memberikan dukungan untuk anak agar mengeksplorasi dunia mereka dan menemukan pengetahuan | Guru adalah fasilitator dan pembimbing bukan pengatur; memberikan banyak kesempatan bagi murid untuk belajar bersama guru dan teman yang ahli |
Referensi :
Santrock, J.W. 2008. Psikologi Pendidikan ed Kedua. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
2 komentar:
Marisa (08-039)
Laura, yang perbandingan dibagian konteks sosiokultural, maksudnya sedikit penekanan dengan kuat penekanannya apa ya?
Makasih Laura :D
Maksudnya itu dalam teori Piaget hanya sedikit menekankan konteks sosiokultural dalam belajar sedangkan dalam teori Vygotsky lebih menekankan adanya aspek sosiokultural dalam belajar.
Posting Komentar