Pages

10.22.2010

Teori Kognitivistik


A. Vygotsky

· Lahir pada tahun 1896 di Tsarist Russia dan meninggal pada tahun 1934

· Memasuki usia 18 tahun, dia menulis suatu ulasan tentang Shakespeare’s Hamlet yang kemudian dimasukkan dalam satu dari berbagai tulisannya mengenai psikologi.

· Dia masuk sekolah kedokteran di Universitas Moscow kemudian pindak ke sekolah hukum.

· Tertarik pada psikologi ketika berusia 28 tahun.


B. Asumsi

· Keahlian kognitif anak dapat dipahami apabila dianalisis dan diinterpretasikan secara developmental. Developmental berarti memahami fungsi kognitif anak dengan memeriksa asal usulnya dan transformasinya dari bentuk awal ke bentuk selanjutnya.

· Kemampuan kognitif dimediasi dengan kata, bahasa yang berfungsi sebagai alat psikologis untuk membantu dan mentransformasi aktivitas mental

· Kemampuan kognitif berasal dari hubungan sosial dan dipengaruhi oleh latar belakang sosiokultural.


C. Zone Proximal Development

· Merupakan serangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai anak secara sendirian tetapi dapat dipelajari dengan bantuan dari orang dewasa atau orang yang lebih mampu.

· Bantuan atau support dimaksud agar si anak mampu untuk mengerjakan tugas-tugas atau soal-soal yang lebih tinggi tingkat kerumitannya dari pada tingkat perkembangan kognitif si anak.


D. Scaffolding

· Merupakan teknik untuk mengubah level bantuan untuk belajar seseorang. Seorang guru atau sesama murid yang lebih pandai atau mampu menyesuaikan jumlah bimbingan sesuai dengan kinerja murid.

· Scaffolding juga berarti berarti bahwa memberikan sejumlah besar dukungan kepada anak selama tahap-tahap awal pembelajaran dan kemudian mengurangi bantuan dan memberikan kesempatan kepada anak itu untuk mengambil tanggung jawab yang semakin besar segera setelah ia mampu melakukannya sendiri. (Nur, 1998:32)


PERBANDINGAN TEORI PIAGET DAN VYGOTSKY

TOPIK

PIAGET

VYGOTSKY

Konteks Sosiokultural

Sedikit penekanan

Kuat penekanan

Konstruktivisme

Konstruktivis kognitif

Konstruktivis sosial

Tahapan

Penekanan kuat pada tahapan

Tidak ada pandangan tentang tahapan umum perkembangan

Proses Utama

Skema, asimilasi, akomodasi, ekuilibrasi, inteligensi, interiorisasi

ZPD

Peran Bahasa

Minimal; kognisi terutama mengatur bahasa

Bahasa memainkan peranan kuat dalam membentuk pemikiran

Pandangan tentang Pendidikan

Pendidikan hanya memperbaiki keahlian kognitif anak yang sudah muncul

Pendidikan memainkan peran sentral, membantu anak mempelajari alat-alat kultur

Implikasi Pengajaran

Guru adalah fasilitator dan pembimbing, bukan pengatur; memberikan dukungan untuk anak agar mengeksplorasi dunia mereka dan menemukan pengetahuan

Guru adalah fasilitator dan pembimbing bukan pengatur; memberikan banyak kesempatan bagi murid untuk belajar bersama guru dan teman yang ahli


Referensi :

Santrock, J.W. 2008. Psikologi Pendidikan ed Kedua. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.


2 komentar:

Marisa mengatakan...

Marisa (08-039)
Laura, yang perbandingan dibagian konteks sosiokultural, maksudnya sedikit penekanan dengan kuat penekanannya apa ya?
Makasih Laura :D

08.092lfp@gmail.com mengatakan...

Maksudnya itu dalam teori Piaget hanya sedikit menekankan konteks sosiokultural dalam belajar sedangkan dalam teori Vygotsky lebih menekankan adanya aspek sosiokultural dalam belajar.