Pages

10.08.2011

PROGRAM BIMBINGAN DI SEKOLAH

Program bimbingan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang terencana, terorganisasi, dan terkoordinasi selama periode waktu tertentu.

A. Model-Model Bimbingan dan Pola-Pola Dasar Pelaksanaan Bimbingan

1. Model-model bimbingan

Model-model bimbingan menurut para ahli :

a. Frank Parsons : Vocational Guidance. Menurutnya baik individu maupun masyarakat akan mendapat keuntungan, bila terdapat kecocokan antara ciri-ciri kepribadian seseorang dan seluruh tuntutan bidang pekerjaan yang dipegang oleh orang itu.

b. John M. Brewer : menekankan adanya beragam bimbingan yang diberikan, seperti bimbingan belajar, bimbingan rekreasi, bimbingan kesehatan, bimbingan moral, dan bimbingan perkembangan.

c. William M. Protoctor : bimbingan yang memiliki dua fungsi pokok yaitu fungsi penyaluran dan fungsi penyesuaian.

d. Donald G. Paterson : perlunya menggunakan teknik ilmiah untuk mengenal konseli dengan lebih baik dan menentukan segala problem yang dihadapi oleh konseli.

e. Arthur J. Jones : menekankan pelayanan bimbingan sebagai bantuan kepada siswa dalam membuat berbagai pilihan dan dalam mengadakan penyesuaian diri.

f. Ruth Strang : Eklektisisme. Pelayanan bimbingan melalui wawancara konseling.

g. Kenneth B. Hoyt : menekankan model bimbingan yang mencakup sejumlah kegiatan bimbingan dalam rangka melayani kebutuhan siswa di jenjang pendidikan dasar dan menengah.

h. Wilson Little dan A.L. Chapman : Developmental Guidance dimana perlunya memberikan bantuan kepada semua siswa dalam seluruh aspek pada perkembangan mereka.

i. Chris D. Kehas : Guidance as personal development.

j. Ralph Moser dan Norman A. Sprinthall : sekolah memberikan pendidikan psikologis yang dirancang untuk menunjang perkembangan kepribadian siswa.

k. Julius Menacker : bimbingan yang mengusahakan penanggulangan segala gejala pemberontakan yang tampak dalam tingkah laku para siswa di sekolah-sekolah yang terletak dalam daerah / bagian kumuh di kota besar.

0 komentar: