Pages

12.08.2010

Pengalaman TO berdasarkan Teori-Teori Belajar

Teori Belajar Landa
Dalam menjawab soal-soal yang diberikan ketika TO pertama perlu adanya pemahaman atau identifikasi soal. Setelah saya cukup memahami soal yang diberikan saya kembali melihat teori-teori belajar apa saja yang bisa dikaitkan dengan soal-soal yang diberikan. Sama seperti teori Landa yang algoritmik yaitu adanya proses berpikir konverger, menuju ke suatu target tertentu. Dimana dalam menjawab soal saya mencari berbagai sumber untuk menjawab satu soal.

Teori Belajar Pask
Salah satu metode yang disarankan Pask adalah tutorial conversation, dimana metode belajar berbentuk diskusi dan strategi belajarnya dipilih berdasarkan kesepakatan antara guru dan mahasiswa. Sama seperti diskusi yang kita lakukan pada saat TO ini dimana semua mahasiswa diharapkan masuk ke dalam suatu grup chat ini agar dapat saling berdiskusi. Dan strategi belajar ini merupakan hasil kesepakatan antara mahasiswa dan dosen. Jadi dalam proses belajar ini adanya give and take.

Teori Belajar Piaget
Menurut Piaget dalam belajar ada yang namanya proses asimilasi yaitu
proses merespon lingkungan sesuai dengan struktur kognitif seseorang dan merupakan jenis pencocokan atau penyesuaian antara struktur kognitif dengan lingkungan fisik.Jika dikaitkan dengan proses TO ini bagaimana dalam mengidentifikasi maksud dari soal disesuaikan dengan kemampuan kognitifnya sehingga ada kecocokan. Dan ketika ada perbedaan antara kognitif dan lingkungan maka timbullah akommodasi. Jika dikaitkan dengan proses TO maka ketika apa yang kita pikirkan sebelum TO tentang TO itu berbeda dengan ketika TO itu berlangsung maka terjadilah akomodasi itu.

Teori Belajar Brunner
Teori belajar Brunner terkenal dengan istilah discovery learning. Brunner menyarankan siswa hendaknya belajar melalui partisipasi aktif dengan konsep-konsep yang dianjurkan untuk memperoleh pengalaman. Pengalaman TO ini menurut saya sesuai dengan teori Brunner ini karena kami secara aktif mencari jawaban-jawaban untuk soal yang diberikan sesuai dengan konsep-konsep yang dianjurkan. Konsep-konsep yang dianjurkan itu adalah konsep-konsep yang telah dipelajari. Dengan kita menemukan sendiri maka pengetahuan itu cenderung akan bertahan lama dalam ingatan kita dan dapat meningkatkan kemampuan penalaran kita.

Teori Belajar Gagne
Jika dikaitkan dengan teori Gagne pengalaman TO ini menghasilkan kemampuan berupa :
1. Informasi verbal
Mampu dalam mengungkapkan pemikiran-pemikirannya mengenai topik yang dibahas (soal yang diberikan) dalam bentuk bahasa baik lisan maupun tulisan. Dalam pengalaman TO ini berarti secara tulisan yaitu melalui postingan di blog.

2. Keterampilan intelektual
Mampu dalam mengidentifikasi maksud dari soal atau dengan kata lain mampu memahami soal.

3. Strategi kognitif
Mampu dalam menyalurkan pemikiran-pemikirannya atau ide-idenya dalam menjawab soal.

4. Keterampilan motorik
Mampu menuliskan apa yang dipahaminya secara baik dan tepat serta cepat karena dalam TO ini adanya batasan waktu sehingga diperlukan kemampuan untuk mengetik dengan cepat.

5. Sikap
Bagaimana penilaian kita terhadap TO ini jika kita menilai TO ini secara positif maka kita akan mempersiapkannya dengan baik meskipun ini hanya sekedar TO tetapi jika kita memandang TO ini secara negatif maka kita tidak akan mengerjakannya secara maksimal.

Sumber :
Bigge, Morris. 1982. Learning Theories for Teachers. New York : Harper & Row


Hergenhahn, B.R & Matthew H. Olson. 2009. Theories of Learning ed. 7. Jakarta : Kencana Prenada Media Group





0 komentar: