Pages

12.01.2010

Pendekatan Melalui Teori Piaget

Menurut Piaget dalam belajar yang penting lebih kepada proses bukan hasil dan mengutamakan adanya keterlibatan aktif siswa dalam berinisiatif. Sama seperti persiapan yang saya lakukan yaitu dalam mempersiapkan ujian online ini yang lebih penting yaitu proses dalam pengerjaannya bagaimana kita bisa mengerjakan ujian dengan sistem online. Di sini ada skema yaitu di mana adanya sekumpulan konsep bagaimana berkomunikasi menggunakan media online. Ada juga asimilasi dimana adanya peristiwa mencocokkan konsep yang saya miliki dengan informasi baru yaitu proses pengerjaan ujian yang disimulasikan ini. Dan terjadilah equilibrium karena konsep yang saya miliki hampir sama dengan faktanya. Karena sebelumnya juga saya pernah mendapatkan pengerjaan ujian mirip dengan apa yang dilakukan pada saat ini.


Sumber :
Hergenhahn, B.R & Matthew H. Olson. 2009. Theories of Learning ed. 7. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

2 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

Laura...
saya memperkirakan kamu begitu terburu-buru dalam menjawab sehingga proses equlibrium-mu sesungguhnya belum optimal.
Sehingga hasil kinerja yang dapat saya baca, terkesan hanya memunculkan teori sekelebat dan pembahasan pengalamannya kurang terintegrasi dengan teori.

Semoga dikesempatan berikutnya dapat lebih optimal ya Laura...

regards

08.092lfp@gmail.com mengatakan...

Saya akan lebih berusaha lagi, bu.

Terima kasih atas sarannya, bu.