Evaluasi adalah suatu cara mengkur hasil dari kegiatan pendidikan. Evaluasi dibagi menjadi:
1. Evaluasi informal yaitu penilaian tentang masalah yang sederhana tanpa menggunakan banyak pertimbangan
2. Evaluasi semi formal
3. Evaluasi formal atau penelitian ilmiah yaitu penilaian yang menggunakan prosedur riset yang canggih.
Selain itu, evaluasi juga dapat dibagi berdasarkan tujuannya, yaitu:
1. Evaluasi formatif untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kekurangan selama masa pengembangan program.
2. Evaluasi sumatif untuk menilai manfaat program versi yang terakhir.
Evaluasi juga memiliki manfaat, yaitu:
1. Menentukan patokan awal
2. Mengetahui keberhasilan suatu kegiatan
3. Mengecek secara berkala efektivitas suatu program
4. Memberikan rasa aman kepada pelaksana tugas
5. Memberi bukti konkrit pada pihak yang terkait
6. Meningkatkan sikap profesional kepada penerima evaluasi
Tujuan dari evaluasi, yaitu:
1. Untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas telah mencapai tujuan umum yang telah ditentukan.
2. Untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik dalam waktu tertentu.
3. Untuk menentukan efektivitas suatu program, metode, dan kegiatan pengajaran
4. Untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur, dan masyarakat.
Prinsip dalam melakukan evaluasi, yaitu:
1. Mempunyai tujuan yang pasti
2. Menggunakan tujuan perilaku yang dapat dijangkau dan pasti
3. Bukti tentang perubahan dalam diri individu
4. Menggunakan instrumen yang tepat dalam evaluasi
5. Kerja sama antara peneliti dengan orang yang dinilai kemajuannya
6. Tidak mengevaluasi semua hasil pembelajaran
7. Melakukan evaluasi dengan berkesinambungan
Prosedur dalam melakukan evaluasi, yaitu:
1. Menentukan tujuan atau kebutuhan evaluasi
2. Menentukan standar atau kriteria evaluasi
3. Menyusun instrumen atau kuesioner evaluasi
4. Melakukan pengumpulan data atau informasi
5. Melakukan analisis data atau informasi
6. Membuat kesimpulan
Contoh evaluasi
Evaluasi berikut merupakan contoh evaluasi yang menggunakan “Lembar Saran Akhir Pertemuan”. Pertanyaan yang sering digunakan (Morgan, et al., 1976), yaitu:
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai pertemuan ini? (pilih satu jawaban)
(a) Jelek
(b) Sedang
(c) Ragu-ragu
(d) Baik
(e) Baik sekali
2. Menurut Anda:
a. Apa kelebihannya?
b. Apa kelemahannya
3. Apa saran Anda untuk meningkatkan pelaksanaan pertemuan yang akan datang?
Referensi :
Suprijanto, H. 2008. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
0 komentar:
Posting Komentar