Pages

11.02.2011

LAYANAN BIMBINGAN “PEMBERIAN INFORMASI”

Dari tujuan Pemberian Informasi yang saya dapatkan di Fakultas Psikologi:

  • Membutuhkan informasi yang relevan sebagai masukan dalam mengambil ketentuan mengenai pendidikan lanjutan / karir

Ø Di awal pembagian dosen PA dan di setiap semester, dosen PA akan memberikan informasi mengenai mata kuliah khususnya mata kuliah pilihan sehingga saya dapat memutuskan mata kuliah apa yang akan saya ambil yang sesuai dengan minat saya nantinya setelah lulus.


  • Pengetahuan yang tepat dan benar sehingga dapat berpikir lebih rasional daripada mengikuti sembarang keinginan saja

Ø Saya mendapatkan hal ini ketika menentukan beban SKS yang akan saya ambil. Dosen PA saya pernah bertanya apakah saya sanggup untuk mengambil24 SKS. Dosen saya menjelaskan apa yang harus saya lakukan, bagaimana lingkungan di rumah, kegiatan saya di kampus sehingga saya dapat mempertimbangkan kembali apakah saya mampu dengan beban 24 SKS.


Dari tipe-tipe informasi :


  • Tentang pendidikan sekolah

Ø Saya mendapatkan hal ini ketika POMB. Pada saat itu dijelaskan mengenai ilmu Psikologi, departemen apa saja yang ada di Psikologi, kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang ada, tata tertib di lingkungan kampus, apa arti SKS, mata kuliah yang ada, cara mendapatkan beasiswa, fungsi dosen PA, fasilitas kampus, dsb.

  • Tentang dunia pekerjaan

Ø Adanya dosen yang mengaitkan tujuan mata kuliah dengan bidang pekerjaan tertentu seperti di mata kuliah Psikologi Komunitas, di sini dinyatakan ketika kita menguasai mata kuliah ini nantinya kita mampu membuat suatu program dalam suatu komunitas. Selain itu adanya praktek ke lapangan dan adanya alumni yang sudah bekerja datang dan berbagi mengenai dunia pekerjaan.

- Tentang proses perkembangan manusia

Ø Dosen yang memberikan informasi tentang perlunya membina hubungan sosial dengan orang lain karena sebagai seorang sarjana Psikologi harus dapat memahami orang lain. Ada juga tentang bagaimana penyesuaian diri terhadap kondisi dalam kehidupan keluarga yang dapat mengganggu proses belajar.

Dari bentuk konkret bahan informasi :

- Lisan seperti dari bimbingan dengan dosen PA secara langsung tiap semesternya.

- Tertulis seperti buku panduan yang disediakan oleh kampus.

- Audiovisual seperti melalui website dan jejaring sosial.


Harapan-harapan saya :

  1. Buku panduan yang ada sebaiknya di update setiap tahunnya karena ada yang tidak sesuai dengan yang didapatkan ketika telah mengikuti kuliah tersebut.
  2. Informasi mengenai mata kuliah wajib dan pilihan sebaiknya jelas karena ada yang berbeda dengan yang ada di buku panduan.
  3. Informasi mengenai beban SKS seebaiknya jelas karena sering kali berbeda yang ada di portal dengan yang ada di buku panduan.
  4. Sebaiknya para dosen PA mengetahui dan menjalankan perannya karena ada dosen yang menyerahkan pilihan pada mahasiswa.
  5. Informasi mengenai beasiswa sebaiknya jelas isinya karena seringkali hanya sekedar pemberitahuan ada beasiswa dari pihak tertentu tapi tidak dijelaskan apa syarat-syaratnya, dsb.

0 komentar: